Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Back Up File Aplikasi di Android

 

Pasti nya bagi sobat pengguna android sudah tidak heran dengan kata back up aplikasi. Back up aplikasi merupakan penyimpanan aplikasi ke memori baik itu internal maupun eksternal. Back up sering juga di sebut sebagai mencadangkan file aplikasi. Fungsi back up aplikasi android ada beragam fungsinya seperti untuk mengirim file ke hp android lain dengan bluetooth, dan lainnya.

Back up aplikasi android terbagi menjadi 2 yaitu back up aplikasi aslinya dan back up aplikasi beserta data yang sudah di miliki. Untuk para awam kalian pasti masih bingung back up aplikasi beserta datanya. Begini saya buat contoh misalkan sobat melakukan back up game green farm 3 dan di game tersebut sobat sudahmemainkan game tersebut dengan level tertinggi.

Kemudian sobat melakukan back up game tersebut. Maka hasil back up games tadi akan kembali ke seperti semula dan berlevel rendah ketika sobat install ulang di android sobat.

Berbeda dengan sobat back up game tersebut beserta seluruh data game tersebut maka hasilnya sobat tidak mengulang lagi games tersebut seperti semula atau aslinya. Akan tetapi jika sobat ingin back up aplikasi beserta datanya tidak bisa di lakukan dengan android belum rooting. Oleh sebab itu sobat harus melakukan rooting android sobat terlebih dahulu.

Dan sebaliknya untuk back up aplikasi aslinya saja sobat tidak perlu melakukan rooting untuk melalukan back up. Akan tetapi sobat membutuhkan aplikasi tambahan untuk back up aplikasi tersebut. Disini android-hijau™ akan menjelaskan bagaimana cara melakukan back up aplikasi aslinya.

Untuk back up atau mencadangkan aplikasi android ada 2 cara yang android-hijau™ jelaskan yaitu menggunakan aplikasi buat cadangan dan clean master.

Untuk aplikasi buat cadangan biasanya semua smaftphone android sudah mempunyai aplikasi ini karena biasanya aplikasi ini telah terinstall aplikadi bawaan pabrik di android. Untuk aplikasi clean master pengguna android pasti sudah familiar dengan kata clean master.

Aplikasi clean master memang banyak fungsinya dari membersihkan data tersisa di android, mempercepat kinerja android, bahkan back up aplikasi android clean master bisa.

Cara back up atau mencadangkan aplikasi android

1. Back up aplikasi menggunakan aplikasi mencadangkan android

Di aplikasi ini kamu tidak perlu bingung untuk menggunakannya untuk back up aplikasi karena fitur yang tersedia hanya untuk back up aplikasi saja. Jangan takut aplikasi ini tersedia kok di playstore. 

untuk cara penggunaannya sih saya rasa sangat mudah bahkan untuk orang awam sekalipun bisa melakukan back up aplikasi di aplikasi mencadangkan android ini. Untuk lebih jelasnya cara back up aplikasi dari aplikasi ini kamu bisa ikuti langkah di bawah.

Buka aplikasi tersebut kemudian pilih menu pembuatan cadangan dan klik aplikasi.

Kemudian sobat di pindahkan ke tampilan seperti dibawah dan ceklis aplikasi yang ingin di back up dan klik cadangkan aplikasi.

Tunggu proses selesai kemudian lihat hasil back up tadi di folder back up kartu memori atau memori internal dan pilih lagi folder app. Lihat apakah aplikasi tersebut sudah benar-benar di back up, saya rasa pasti ada hasil back up tadi di situ.

2. Back up aplikasi menggunakan aplikasi Clean master android

Sebetulnya aplikasi clean master bukan berfungsi buat back up aplikasi akan tetapi fungsi utamanya untuk mempercepat kinerja android dengan cara memberentikan aplikasi yang berjalan di android tanpa di sadari.

Di balik itu banyak pengguna android yang tidak menyadari akan fungsi  back up di clean master. Untuk back up aplikasi di clean master sangatlah mudah apalagi bagi kamu yang sering menggunakan clean master. Untuk back up aplikasi dari clean master android sobat bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara menggunakan aplikasi clean master untuk back up aplikasi android.

Buka clean master dan akan muncul tampilan seperti gambar di bawah sobat tinggal klik "Pengelola Aplikasi"

Kemudian sobat tinggal pilih tab hapus penginstallan dan ceklis aplikasi yang mau di back up. Dan klik back up. Lihat gambar di bawah.

Proses back up sudah selesai sekarang tinggal mencari hasil back up tadi. Berbeda dengan aplikasi mencadangkan android, file hasil back up dari clean master berada di folder "cleanmaster" maka buka folder cleanmaster di kartu memori atau memori internal sobat pilih lagi folder back up dan lihat hasil back up nya berada di situ.

Itulah 2 cara melakukan back up aplikasi di android. Untuk back up aplikasi android tidak lah sulit jadi jangan di bikin sulit. Sesudah back up apa yang kamu lakukan kalau saya sih mengirim file aplikasi tersebut ke teman saya melalui bluetooth.

Dimikianlah artikel mengenai 2 cara gampang back up aplikasi android. Jika ada yang kurang jelas silahkan di tanyakan di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "2 Cara Back Up File Aplikasi di Android"